Home » » Bawang Putih Bisa Matikan Bakteri Sakazakii pada Susu Formula

Bawang Putih Bisa Matikan Bakteri Sakazakii pada Susu Formula

Khasiat bawang putih sebagai antibiotik alami tidak terbantahkan. Studi yang dilakukan University of British Columbia menemukan bahwa kandungan senyawa diallyl sulfida dan ajoene yang terkandung dalam bawang putih mampu melawan bakteri Cronobacter sakazakii (C. sakazakii). Bakteri ini kadang ditemukan dalam produksi susu formula yang berbentuk bubuk kering.
Artinya, bawang putih baik membawa kebaikan bagi bayi yang mengonsumsi susu formula saat diterapkan dalam proses pembuatan susu. Perlu dipahami, bakteri ini jika masuk ke dalam tubuh bayi dapat menimbulkan reaksi fatal. C. sakazakii bisa meracuni aliran darah bayi dan kemungkinan menimbulkan masalah bagi otak lewat penyakit meningitis.
” Sebuah jejak dosis dari kedua senyawa ini sangat efektif dalam membunuh C. sakazakii dalam proses pembuatan makanan. Mereka memiliki potensi untuk menghilangkan patogen sebelum (makanan) mencapai konsumen, ” kata Xiaonan Lu, penulis studi dari Fakultas Tanah dan Sistem Pangan, seperti dikutip Times of India.
Kasus C.sakazakii memang jarang terjadi. Namun pada tahun 2011 lalu, Indonesia sempat dihebohkan dengan adanya kemungkinan produk susu formula yang mengandung bakteri sakazakii. Pengolahan susu yang kurang baik dapat mengundang bakteri ini. Jika dikaitkan dengan studi ini, bawang putih bisa digunakan sebagai bahan alternatif alami pengganti klorin dalam membersihkan susu. Bakteri patogen yang hidup pada susu bisa dimusnahkan.
Studi ini diterbitkan dalam Applied and Environmental Microbiology.

Written by : Maryana Yusniati - Describe about you

Hargai apa yang kamu miliki saat ini. Kebahagiaan tak akan pernah datang kepada mereka yang tak menghargai apa yang telah dimiliki.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button

0 comments:

Post a Comment